Hubungan Lingkungan Sekolah dan Motivasi Berprestasi dalam Pembelajaran Fisika dengan Prestasi Belajar Fisika

Imas Ratna Ermawaty, Y. Soenarto, Novita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar, mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika, dan mengetahui dan membuktikan adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika secara bersama-sama dengan prestasi belajar fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA N 62 Jakarta pada kelas XI MIA semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode survei dengan skala Linkert dengan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu 60 siswa. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan galat taksiran. Hasil normalitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai Lhitung = 0,082 < 0,1144 = Ltabel berarti kelas berdistribusi normal. Hasil normalitas untuk motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika didapatkan nilai Lhitung = 0,078 < 0,1144 = Ltabel berarti kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil homogenitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai χ2h = 19,247 < χ2t = 30,140 dengan taraf signifikansinya α = 0,05, berarti kelas berdistribusi homogen. Hasil homogenitas untuk lingkungan sekolah didapatkan nilai χ2h = 14,571 < χ2t = 52,190 dengan taraf signifikansinya α = 0,05, berarti kelas berdistribusi homogen. Uji hipotesis untuk hubungan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,01 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji hipotesis untuk hubungan antara motivasi beprestasi dalam pembelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,08 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji hipotesis untuk hubungan antara lingkungan sekolah dan motivasi berprestasi dalam pembelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika didapatkan nilai rhitung = 0,0055 < 0,254 = rtabel dengan taraf signifikansi α = 0,05.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by ISJD, IPI, Google Scholar | p-ISSN 2443-2911, e-ISSN 2502-2318 | Powered by OJS