Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Fungsi Diferensial tentang Kinematika untuk Siswa SMA Kelas XI

M. Raynaldo Sandita Powa, . Murni, Franky A.M. Lumbantobing

Abstract


Fisika dan matematika merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Hampir semua permasalahan fisika membutuhkan pemahaman konsep matematika. Namun, dalam kurikulum 2013 terjadi ketidaksesuaian urutan materi fisika dan matematika, sehingga seolah fisika dan matematika adalah dua hal yang tidak saling mendukung. Contohnya adalah materi kinematika dengan analisis vektor pada KD 3.1 yang dipelajari di semester 1 membutuhkan pemahaman matematika fungsi diferensial pada KD 3.21 s.d. 3.29 yang dipelajari pada semester 2. Hal ini mendorong pengembangan modul pembelajaran fisika terintegrasi fungsi diferensial untuk menjemba- tani siswa dalam memahami konsep fungsi diferensial sehingga dapat memahami dengan baik konsep diferensial yang dipakai di materi kinematika dalam satu buku pegangan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pengembangan modul dan memberikan gambaran kualitas modul dari segi tampilan, materi, dan bahasa. Modul dikembangkan dengan model pengembangan small scale research and development. Populasi berasal dari siswa SMAN 28 Kab. Tangerang, SMA IT Alia Tangerang, dan SMA Islamic Village Tangerang. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian validasi ahli dan uji one-on-one dan lembar angket tanggapan siswa pada uji kelompok kecil. Data diolah secara kuantitatif berbantuan aplikasi Microsoft Excel 2013. Setelah melalui beberapa tahap penilaian (validasi ahli, uji one-on-one, dan uji kelompok kecil), diperoleh hasil sangat baik untuk indikator tampilan, baik untuk indikator materi, dan sangat baik untuk indikator bahasa. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan layak digunakan di lapangan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed by ISJD, IPI, Google Scholar | p-ISSN 2443-2911, e-ISSN 2502-2318 | Powered by OJS