Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kecamatan Indralaya Utara Menggunakan Tes Berbasis Komputer

Linda Lia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan literasi sains siswa SMA Kecamatan Indralaya Utara menggunakan tes berbasis komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA di Kecamatan Indralaya Utara dan jumlah sampel penelitian sebanyak 40 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan yaitu dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan tinggi sebesar 17,5%, kemampuan sedang sebesar 67,5%, dan kemampuan rendah sebesar 15%. Hasil tes kelompok siswa laki-laki sebesar 43,33% dan kelompok siswa perempuan sebesar 42,5%. Berdasarkan area aspek konteks diperoleh persentase hasil tes paling tinggi sebesar 67% pada kesehatan dan paling rendah sebesar 57,5% pada SDA. Berdasarkan seting aspek konteks diperoleh persentase hasil tes paling tinggi sebesar 62,5% pada global dan paling rendah sebesar 60,31% pada personal. Dalam pengujian hipotesis didapatkan nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel (-3,24 < 1,685) dengan dk = 39 dan α = 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains siswa SMA Kecamatan Indralaya Utara menggunakan tes berbasis komputer paling tinggi 70% dari yang diharapkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.