Pengembangan Modul Praktikum IPA SMP Berbasis Keterampilan Dasar Proses Sains dengan Standar Acuan Kurikulum 2013

Dedy Hidayatulah Alarifin, . Riswanto, Friska Octavia Rosa

Abstract


Pengembangan Modul Praktikum IPA telah selesai dibuat dan dikembangkan. Modul Praktikum IPA ini dibuat untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. Sesuai dengan Permendiknas No 22 Tahun 2006 yang juga mengisyaratkan bahwa IPA bukan hanya sekedar pengetahuan berupa fakta, konsep atau sebatas prinsip saja melainkan lebih sebagai proses penemuan. Proses ini dapat diartikan sebagai kegiatan ilmiah dalam mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan dan mengkomunikasikan. Modul praktikum diuji oleh ahli media dan kegrafikan untuk mengetahui kelayakan dari modul praktikum yang dikembangkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Setelah melalui hasil pengujian, diharapkan modul praktikum yang dikembangkan layak digunakan dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan validasi materi berada pada presentase 72,5% dengan kategori kuat atau layak, kemudian validasi kegrafikan berada pada presentase 86% dengan kategori sangat kuat atau sangat layak. Pada penyebaran angket respon pada siswa terhadap modul praktikum berada pada presentase 88% dengan kategori sangat kuat atau sangat baik, kemudian pada angket respon penyebaran berada pada presentase 70,4% dengan kriteria kuat atau baik dan sudah me- ngarah pada keterlaksanaan kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.